http://139.162.16.79/7" rel="nofollow">daftar

Tiap nama sirkuit MotoGP tentu punya karakternya masing-masing. Beberapa bahkan lebih menantang dari yang lain. Menurut bandar judi bola online Alasannya entah karena layout yang unik, sering terjadi kecelakaan, atau pernah ada yang meninggal saat balapan di sana.

Di Eropa sendiri, setidaknya ada lima nama sirkuit MotoGP yang kerap ditakuti oleh para pembalap. Kelima nama sirkuit MotoGP yang dimaksud juga masuk dalam agenda MotoGP 2021: Red Bull Ring, Misano Marco Simoncelli, Le Mans, MotorLand Aragon, dan Automotodrom Brno.

5 Nama sirkuit MotoGP Paling Berbahaya Dan Menantang


Tingkat kesulitan yang menuntut konsentrasi tinggi pebalap menjadi alasan beberapa sirkuit MotoGP dianggap paling menantang. Apalagi tak sedikit kecelakaan yang terjadi di sirkuit-sirkuit tersebut. Lantas, kenapa kelimanya masuk daftar nama sirkuit MotoGP paling menantang, berikut detail lengkapnya:

Sirkuit Red Bull Ring (Austria)


Merangkum nama sirkuit MotoGP yang paling menantang, tentu tidak bisa lepas dari Red Bull Ring di Austria. Bagaimana tidak? Lintasan ini hampir merenggut nyawa empat pembalap sekaligus, Johann Zarco, Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Maverick Vinales dalam satu balapan.

MotoGP

Kejadian mengerikan tersebut terjadi pada 16 Agustus 2020. Sebenarnya yang terlibat kecelakaan adalah Zarco dan Morbidelli. Hanya saja motor kedua pembalap tersebut terlontar jauh hingga hampir mengenai kepala Vinales dan Rossi.

“Titik terburuknya adalah tikungan 2 dan 3. Sayangnya, ini adalah titik yang sebenarnya bagus, saya sangat menyukainya, dan ini adalah pengereman teknis. Tetapi titik ini bisa sangat berbahaya,” kata Rossi seperti dikutip laman Crash.

Lantaran kejadian tersebut, ada sedikit pembenahan sirkuit setelah balapan. Kini ditambahkan pembatas untuk meningkatkan aspek keselamatan.

Terlepas dari mengerikannya sirkuit ini, sesungguhnya Red Bull Ring memiliki pemandangan yang indah. Secara spesifikasi, total panjang lintasan adalah 4,3 Km. Di sana tersedia 3 belokan ke kiri dan 7 ke kanan.

Sirkuit Misano Marco Simoncelli (Italia)

MotoGP

Nama Sirkuit MotoGP ini cukup unik, lantaran menggunakan nama salah satu pembalap Italia yang sudah meninggal yaitu Marco Simoncelli. Misano merupakan lintasan legendaris, telah melangsungkan balapan dunia sejak 1980.

Walau begitu, Sirkuit Misano baru masuk menjadi agenda tetap MotoGP pada 2007. Ciri khasnya memiliki panjang lintasan 4,2 Km, dengan 6 tikungan ke kiri, dan 10 tikungan ke kanan. Di sini, pembalap yang paring sering menang adalah Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo. Masing-masing pembalap berhasil mencatatkan juara sebanyak tiga kali.

Menariknya lagi Misano pernah memecahkan rekor dengan 140 insiden kecelakaan dalam satu sesi balapan (dari mulai latihan hingga race) pada 2017. Kemudian ada pula pembalap Moto2 yang meninggal di sini yaitu Shoya Tomizawa. Oleh karenanya Misano sering disebut sebagai salah satu sirkuit yang menantang di MotoGP.

Sirkuit Le Mans (Perancis)

MotoGP

Le Mans merupakan nama sirkuit MotoGP yang tidak kalah menantang. Sirkuit yang sempit, trek pendek, serta banyak tikungan menjadi keistimewaannya. Total ada 14 tikungan dengan 5 belokan ke kiri dan 9 belokan ke kanan.

Oleh karena layout unik tersebut, banyak kecelakaan terjadi atas nama sirkuit MotoGP ini. Paling fenomenal, pernah melibatkan 15 pembalap Moto3 sekaligus pada 2017. Kemudian pada 2018, enam pembalap MotoGP berjatuhan di sini. Mereka adalah Andrea Iannone, Alvaro Bautista, Tito Rabat, Scott Redding, Johann Zarco, dan Andrea Dovozioso.

Sirkuit MotorLand Aragon (Spanyol)

MotoGP

Nama sirkuit MotoGP Aragon disebut menantang, lantaran pernah hampir merenggut nyawa Rossi pada 2014. Kecelakaan terjadi saat balapan memasuki putaran keempat. Rossi sedang berusaha mendahului Dani Pedrosa, namun karena kehilangan keseimbangan akhirnya terjatuh.

Motor Yamaha milik Rossi kemudian melindas pasir dan terpelanting. Pembalap Italia itu jatuh hingga menabrak dinding pembatas. Kemudian Rossi sempat tidak bangun dan ditandu keluar lintasan. Ternyata dia mengalami gegar otak, namun kondisinya membaik.

Bila melihat spesifikasinya, Sirkuit Aragon memiliki 17 tikungan. Panjang lintasannya adalah 5,1 Km. Percancangnya adalah arsitek asal Jerman, Hermann Tilke.

Pembalap yang paling sering juara di sini adalah Marc Marquez dengan lima kemenangan. Wajar, karena Spanyol adalah tanah kelahiran Marquez. Sementara untuk lap tercepat selama balapan MotoGP juga dipegang oleh pembalap Spanyol lain, Jorge Lorenzo dengan catatan 1 menit, 48,120 detik.

Sirkuit Automotodrom Brno (Republik Ceko)

MotoGP

Permasalahan utama Sirkuit Autodormo Brno adalah aspal yang sudah tidak berkualitas. Banyak pembalap mengeluh ketika melakukan sesi Free Practice pada 7 Agustus 2020.

“Ini adalah aspal terburuk yang pernah saya pakai untuk balapan. Tidak bisa diterima kalau kami harus balapan di sini. Aspalnya adalah bencana, jauh dari level MotoGP. Seperti mengendarai di atas air, kata pebalap Aprilia, Aleix Espargaro.

Usut punya usut sudah 12 tahun sirkuit tersebut tidak diaspal ulang. Oleh karenanya nama sirkuit MotoGP Brno menjadi salah satu yang paling menantang.

Bukan cuma itu, sisi menantang dari Brno ada pada total lintasannya yang sangat panjang mencapai 5,4 Km. Pembalap yang paling sering memenangkan MotoGP di Sirkuit Brno adalah Valentino Rossi dengan 5 juara.

Jadi, nama sirkuit MotoGP yang mana favoritmu?